Wednesday 7 March 2018

Smartphone for foodphotography

Assalamualaikum ...

Hai reader, semoga enggak ngerasa lama yah nunggu postingan saya. Setahun booookkkk!!! hehehee Sebagai penulis pasti ada aja perasaan bosan dan banyak faktor juga yaa . Sudah beberapa tahun belakangan ini saya makin jatuh cinta dengan photography khusus di bidang Food Photography dan lebih spesifikasinya menggunakan Camera Handphone. Alesan kenapa suka pakai HP yaaa karena DSLR itu masih banyak prosesnya hingga menjadi suatu foto yang siap diupload. Kalau di HP kan cekrek, edit, upload, kelar deh!!!

Postingan kali ini tentang Behind The Scene Food Photography menggunakan smartphone only. Kalau yang baca kurang ngerasa dapat manfaat bisa dilupakan saja yaa, ini mah bisa jadi positif kalau kita juga berpikir yang bagus-bagus dan akan menjadi sesuatu yang mengganggu jika menganggap hal demikian, begitu!
Okelah, saya bercerita tentang foto ini hanya sebagai contoh ya, kan endak mungkin juga setiap jepretan saya dibahas satu persatu. Cusss kita mulai ...



foto asli sebelum editing


Lokasi pengambilan di dapur tercinta, sumber cahaya dari kiri atas (atap rumah) melalui asbes berbahan fiber.. Dan karena usia fiber sudah tua, maka sinar matahari yang masuk menjadi kuning. Namun, dijam tertentu cahaya matahari berwarna bagus, misal golden timenya dirumah saya itu sekitar jam 07.00 - 10. 00 dan ini juga masih tergantung cuaca juga, kalo lagi ekstrim panasnya yaa jam segitu udah keras cahaya yang masuknya.

Ini fotonya dijam 11.30 dimana cahaya yang masuk kurang bagus dan udah masuk warna kuning (yellow undertone). Untuk akalin saya pakai reflektor di depan pakai karton putih dan sebelah kana pakai kertas warna alumunium dan lumayan lah untuk menghilangkan bayangan objek dihasil foto.
Terus lanjut edit pakai aplikasi Picsart seperlunya, senatural mungkin, karena tadi sudah berjuang dipenataan cahaya, lanjut edit watermark di aplikasi Phonto, Save dan upload dech!


 foto setelah editing, ini bukan file asli yaa, saya copas digugel ^o^



Nah, sekarang kamu bisa praktekin dirumah. Misal masih bingung dengan sumber cahaya dirumah, paling aman dapat sinar bagus itu di teras, disamping jendela, atau didekat pintu rumah, dimana cahaya masuk dengan banyak. Satu lagi jangan lupa kenalin jam bagus saat matahari masuk ke dalam rumahmu yaa

Semoga bermanfaat dan sampai ketemu dipostingan selanjutnya

with love,
Wassalamualaikum,

No comments:

Post a Comment